Follow by Email

Wednesday, February 13, 2013

Berburu Angle di Writing Day Rumah Dunia


Minggu 13 Januari 2013, peserta Kelas Menulis Rumah Dunia (KMRD) angkatan 20 dan 21 melaksanakan kegiatan Writing Day di Rumah Tukik, Kampung Jambangan, Kelurahan Bandulu, Kecamatan Anyer Serang-Banten. Menurut Jack Alawi selaku ketua panitia, tujuan diadakannya kegiatan Writing Day adalah mencari angle yang beragam untuk tulisan. 

Peserta Writing Day kali ini berjumlah 60 orang. Pada kegiatan ini peserta kelas menulis dibagi 4 kelompok dan menyebar untuk mencari angle penulisan. Setiap kelompok diberikan satu mentor dari relawan.

Sebelum peserta dibagi empat kelompok, terlebih dahulu diberikan materi Travel Writer oleh Gol A Gong, tutor KMRD. Menurutnya saat ini orang dapat dengan mudah mengunjungi berbagai tempat dengan tiket murah dan mempublishnya di media social. “Namun agar sebuah tulisan perjalanan dapat dimuat di media maka harus mencari angle yang tepat” sambung Gol A Gong. “ Jadi bukan hanya melihat tapi menemukan angle”.

Setelah peserta kelas menulis menyebar mencari angle penulisan maka dilakukan evaluasi. Selanjutnya para peserta menuliskannya di rumah nanti.

Tidak hanya mencari angle penulisan, kegiatan Writing Day juga diisi oleh acara games yang dipandu oleh Koelit Ketjil, relawan RD. Salah satu games yang menarik adalah mengenai sumber informasi. Bagaimana para peserta diminta memberikan sebuah benda berisi sebuah informasi dan peserta tersebut diminta menyampaikan ke peserta lain setelah mendapatkan informasi dari sumber informasi pertama.

Evy Herniawaty mengakui bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menambah kemampuannya dalam menulis. “Writing Day penting diadakan karena materinya membantu dalam penulisan.” Tutur Evy, salah satu peserta KMRD angkatan 21 yang juga mahasiswa UPI Serang itu. (*)