Follow by Email

Sunday, August 12, 2012

Mencicipi Masakan India Di Kota Baja



Saat ini masyarakat Kota Cilegon dapat menikmati masakan India di Bollywood Resto. Lokasi Resto ini terletak di Cilegon City Square Blok C16. Bollywood Resto sudah dibuka 4 bulan lalu, sejak akhir Maret 2012. 

Ayu, salah seorang pegawai disana mengatakan bahwa latar belakang pendirian resto ini adalah khususnya untuk melayani warga Negara India dan Warga Negara Asing yang ada di Kota Cilegon. Namun menurutnya lagi, juga untuk melayani warga kota Cilegon yang ingin mencicipi masakan India. Untuk pengunjung disini pun beragam, namun rata-rata Warga Negara Asing yang lebih banyak berkunjung kesini dibanding warga local.

Menurut Ayu juga, menu-menu yang ada di Bollywood Resto sangat beragam. Menunya dimulai dari masakan India, Indonesia dan juga Jepang. Resto ini memiliki 3 chef yang 1 diantaranya berasal dari India dan memang dikhususkan  untuk memasak masakan khas India, sedangkan 2 lainnya berasal dari Indonesia untuk memasak masakan Indonesia dan Jepang. Untuk masakan India sendiri terdiri dari beberapa jenis berupa Ayam, Kambing, Ikan dan Udang. Dari jenis tersebut diolah dengan menggunakan bumbu khas India.

Sedangkan untuk harga makanan pun cukup beragam, untuk makanan seperti chicken curry dihargai Rp.50,000.00 dan untuk Egg Biryani dihargai Rp.40,000. Adapun untuk harga minuman khas India berupa India Masala Tea dihargai Rp.10,000.00. 

Menurut Eka Dewi salah satu pengunjung mengatakan bahwa rasa masakan resto ini memang khas India dengan bumbu-bumbunya. Masakan favoritnya adalah chicken curry dan masakan ini mengingatkannya saat tinggal di jepang 2 tahun lalu yang sempat berkunjung ke resto India yang ada disana. “Rasanya benar-benar persis seperti saat saya makan disana”ujar Eka Dewi. 

Sedangkan untuk Nasi Biryani, bahan baku nasinya sendiri berasal dari India dikarenakan ukuran beras yang ramping dan sedikit lebih panjang, berbeda dengan beras local yang ukuran butiran berasnya lebih gemuk dan pendek. Tidak hanya berasnya saja yang impor, bumbu-bumbu khas India pun diimpor dari sana sehingga kualitas rasa masakan India pun terjaga. Resto ini dimiliki oleh seorang pengusaha yang berasal dari India dan menikahi wanita asli Indonesia.