Follow by Email

Sunday, July 1, 2012

Ber-Agro Wisata di Kota Baja

Selama ini kota Cilegon memang dikenal sebagai kota industry dan penghasil Baja terbesar di Indonesia dengan pabriknya yang terkenal, Krakatau Steel. Namun ternyata di kota ini kita juga bisa melakukan agro wisata dan berolah raga ringan di Kawasan Jogging Track dan Agro Wisata Krakatau Steel. Kawasan yang di bangun tahun 2009 dengan luas 3,2 hektar ini, kini menjadi daya tarik bagi masyarakat kota Cilegon dengan beragam fasilitas yang ada di dalamnya.
image
Di sore yang cukup cerah saya bergegas menuju kawasan Jogging Track dan Agro Wisata Krakatau Steel, tak cukup lama menempuh perjalanan akhirnya saya pun tiba. Gerbang kawasan berhiaskan warna merah seakan menyambut saya ketika tiba di kawasan tersebut. Ketika memasuki kawasan ini saya merasa tidak berada di kota Cilegon nan panas, tetapi berada di hutan jati dengan pohon-pohonnya yang kini telah menjulang.
image
Sore hari di kawasan ini memang tidak terlalu ramai, mungkin karena hari sabtu dan sore hari pula. Biasanya kawasan ini akan sangat ramai di hari minggu pagi, para pengunjung banyak yang datang untuk berolah raga, adapula yang hanya ingin menghirup udara segar dan juga hanya sekedar berjalan-jalan ataupun mencari makanan. Kawasan ini sangat ramai di hari minggu pagi dikarenakan banyaknya pengunjung dan pedagang yang mulai menjajakan berbagai macam barang dagangannya, seperti makanan, pakaian, tas, boneka dan lain sebagainya.
image
Setelah gerbang kawasan terlewati ,kita akan menemukan sebuah per tigaan jogging track, biasanya para pengunjung berlari ke arah kanan untuk mengelilingi kawasan tersebut. Setelah mengambil ke arah kanan, tidak lama kita akan menemukan percabangan jalan.Jika kita mengambil arah lurus maka kita akan menemukan sawah hijau yang baru saja ditanami untuk selanjutnya mengitari kawasan dan jika dipercabangan tadi kita mengambil ke arah kiri maka kita akan menemukan jalur khusus refleksi, tempat peristirahatan, mushola, dan lokasi pembibitan tanaman.
image
Saya pun mengitari kawasan ini dengan harapan menemukan sesuatu yang unik. Setelah menempuh  sepertiga perjalanan saya mulai menemukan sesuatu yang unik seperti bibit tanaman padi yang sedang disemai, menunggu untuk siap ditanam. Adapula rumah pohon yang dibangun diantara cabang-cabang pohon tersebut dengan ketinggian sekitar lima meter. Selain itu, di kawasan ini saya juga menemukan kebun dengan beragam jenis tanaman, seperti kacang tanah, jagung dan pisang. Dikawasan ini tidak hanya ditanami oleh tanaman non produktif tetapi juga ditanami oleh tanaman produktif.
image
Kawasan ini di disain untuk memberikan rasa nyaman kepada setiap pengunjung yang berlari dikawasan ini karena disisi-sisi jogging track ditanami oleh berbagai jenis tanaman, antara lain pohon jati dan mangga. Selain itu, pemandangan yang indah dengan suasana asri menyejukkan mata dan di beberapa titik kita akan menemukan keran air yang biasanya digunakan untuk membasuh muka setelah lelah berolah raga. Ada pula bangku-bangku yang dapat digunakan untuk beristirahat sementara ketika lelah berolah raga.
Kawasan Jogging Track dan Agro Wisata Krakatau Steel berlokasi di kawasan perumahan Krakatau Steel kelurahan Kota Baru Kecamatan Purwakarta , tepat di belakang pusat perbelanjaan Krakatau Junction dan di seberang Stadion Krakatau Steel. Menuju kawasan ini bisa ditempuh dengan menaiki angkutan umum satu kali dari pusat kota Cilegon.
image
Selain adanya Jogging Track yang melingkari kawasan ini dengan pohon di setiap sisinya, ditempat ini juga terdapat tempat pembibitan ribuan bibit berbagai macam jenis tanaman seperti pohon jati, jambu mete, petai, alpukat dan pohon asem. Tempat pembibitan ini adalah dalam upaya untuk menghijaukan kota cilegon yang dilakukan oleh Krakatau Steel. Semoga saja upaya yang dilakukan dapat membuahkan hasil, menjadikan kota cilegon yang asri dan untuk pencegahan pemanasan global.