Follow by Email

Saturday, July 28, 2012

Suatu Pagi di Pendopo Gubernur Banten



Suasana sunyi begitu terasa saat saya memasuki gerbang pendopo Gubernur Banten. Sebelumnya seseorang mempersilahkan saya masuk ketika melihat saya mengambil foto gerbang tersebut dan tentunya saya meminta izin terlebih dahulu dengan pihak keamanan untuk memasuki gerbang bangunan ini.

Pagi itu tidak ada aktifitas apapun di pendopo Gubernur Banten, ini dikarenakan hari ini hari minggu 15 Juli 2012. Namun di alun-alun Kota Serang sedang ada kegiatan Serang Fair, kegiatan yang diadakan untuk meramaikan hari jadi kota serang yang sayup-sayup suaranya terdengar hingga ke pendopo Gubernur Banten.

Bangunan yang dibangun sekitar abad ke-19 terletak di ujung barat jalan Jend. Ahmad Yani, yang merupakan jalan utama kota serang. Tidak jauh dari pendopo Gubernur terdapat alun-alun kota dan juga kantor Bupati Serang dan disinilah pusat pemerintahan pada masa colonial dulu yang fungsinya masih bertahan hingga saat ini.

Pada awalnya bangunan ini merupakan kantor Residentie Van Bantam,lalu pada tahun 1974 dirubah statusnya menjadi wilayah I provinsi Jawa Barat dan bangunan ini digunakan sebagai kantor pembantu Gubernur Jawa Barat wilayah I Banten sampai terbentuknya Provinsi Banten pada tahun 2000.
Pendopo gubernur ini merupakan sebuah kompleks bangunan yang bangunan utamanya terletak di bagian tengah, adapun dikedua sisinya terdapat bangunan-bangunan tambahan yang mendukung fungsi bangunan utama. 

Bangunan utamanya memiliki 8 pilar yang kokoh menahan atapnya, dibelakang pilar tersebut terdapat 3 pintu utama yang besar-besar dengan gaya arsitektur abad ke-19. Sekitar ¾ bagian dari pintu utama tersebut terdapat rongga ventilasi . Namun tidak hanya pintunya saja yang besar, jendelanya pun sama besarnya.

Arsitektur bangunan ini sangat erat kaitannya dengan iklim ataupun cuaca dari kota serang. Kota ini merupakan kota pantai, ini menyebabkan suhu udara cukup panas, sehingga agar didalam bangunan terasa nyaman maka dibuatlah pintu-pintu dan jendela dengan ukuran besar dengan rongga udaranya, selain itu jarak antara lantai dan atap dibuat cukup tinggi sehingga setiap orang yang berada didalam ruangan tidak merasa kepanasan oleh cuaca kota serang.

Tepat didepan bangunan terdapat sebuah air mancur dengan taman kecil disekelilingnya , juga terdapat sebuah tiang bendera dan 2 buah meriam buatan. Dihalaman yang lebih luas terdapat beberapa buah pohon beringin yang membuat sejuk halaman tersebut. Kicauan beragam burung di sekitar pohon menambah syahdu suasana. Mereka berkicau dengan beragam kicauan dan sesekali mereka turun untuk mencari makan di sekitar halaman. Suasananya menambah kesejukkan pagi itu dan tidak ada salahnya jika hari minggu pagi berkunjung ke pendopo gubernur banten ini untuk menikmati keindahan arsitektur bangunan dan suasana disekitar bangunan.