Follow by Email

Sunday, July 1, 2012

Musim liburan Sekolah, Sari Ater Diserbu Wisatawan

image
Memasuki musim liburan sekolah tahun ini objek wisata mata air panas Sari Ater yang berlokasi di Kabupaten Subang Jawa Barat diserbu pengunjung. Rata-rata para pengunjung berasal dari luar kabupaten subang, diantaranya Jakarta, Bogor, Bandung, Garut, Cirebon dan Pekalongan. Para pengunjung datang dengan berombongan maupun dengan keluarga. Mereka memanfaatkan momentum liburan sekolah dengan bersenang-senang bersama keluarga.
Tiket masuk ke lokasi Sari Ater ini yang cukup terjangkau, dengan tariff Rp.18,000.00 per orang, Rp.10,000.00 per motor, Rp.15,000.00 per mobil dan Rp.20,000.00 per bus, membuat para pengunjung tidak perlu merogoh kantung terlalu dalam untuk menikmati objek wisata mata air panas ini.
Objek wisata Sari Ater dapat ditempuh dalam waktu 3-4 jam dari kota Jakarta dengan jarak sekitar 120 km. Jika menggunakan kendaraan pribadi maka dapat mengakses Tol Cipularang dan keluar di Sadang untuk selanjutnya dilanjutkan menuju Subang Sari Ater. Jika menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan Bus jurusan Subang dan dari Terminal Subang dapat menaiki angkutan umum menuju Sari Ater.
Di objek wisata Sari Ater ini, para pengunjung dapat berendam di kolam-kolam rendam mata air panas yang ada didalamnya. Untuk berendam di kolam tersebut, para pengunjung akan dikenakan biaya kembali bergantung fasilitas yang ada di kolam tersebut dengan biaya termahal Rp.40,000.00 untuk kolam rendam Mayang Sari dan termurah Rp.10,000.00 untuk kolam rendam Leuwi Sari.
image
Berendam di kolam mata air panas ini dengan kandungan mineralnya yang cukup tinggi dapat berguna untuk pengobatan fisik seperti reumatik, kerusakan anggota gerak, gangguan kandungan, cedera system persyarafan, Cidera karena olah raga dan penyakit kulit. Selain itu, karakter air panas dengan suhu 40°-42 ° tidak mudah diterima oleh mereka dengan kondisi tubuh lanjut usia, pengidap kelainan jantung, diabetes, pasca stroke, TBC, asma dan darah tinggi serta wanita hamil.
Objek wisata Sari Ater ini juga menyediakan beragam fasilitas untuk liburan keluarga berupa sport and adventure. Untuk fasilitas Sport and Adventure diantaranya ATV Bambie untuk anak-anak, ATV 4 WD, Gokart Twin, Panahan. Untuk para pecinta petualang dapat menggunakan fasilitas adventure diantaranya Jeep Off Road, Land Touring, Pitch and Putt Golf Garden, Gokart Off Road, Paint Ball, Wall Climbing, Flying Fox dan Berkuda. Tentunya untuk fasilitas tersebut dikenakan biaya tambahan.
image
Setelah puas berendam, bermain dan berpetualang, maka para pengunjung dapat membeli oleh-oleh khas subang seperti buah nanas, keripik nangka, dodol ketan,tape ketan dan dodol nanas serta beragam kerajinan tangan. Penjual oleh-oleh dengan kios-kios kecil ini terletak di bagian utara objek wisata Sari Ater bersebelahan dengan area parkir. Untuk buah nanas, dapat dibeli dengan harga Rp.5,000 per buahnya jika pengunjung pandai menawar.